Potensi dan Produk Desa

Potensi Desa

Awal terbentuknya sebuah desa sungai pujungan di masa lalu sangatlah unik karena tidak terlepas dari potensi yang ada pada saat itu dan teknologi yang mereka miliki, misalnya dari yang bersifat nomaden kemudian menetap di suatu tempat dengan mengelompok yang disebut pradesa, kemudian berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi dan potensi yang ada pada desa. Masyarakat Desa Long Pujungan Moyoritas adalah sebagai pekerja petani dan berkebun, sumber mata pencahariannya adalah berladang

23 ladang uma ladang ladanggg

Pertanian Dan Perkebunan

Hasil pertanian utama di Desa Long Pujungan adalah padi dari berladang, ketela, jagung,cabe dan hasil pertanian lainnya.Untuk hasil perkebunan Desa Long Pujungan mengunggulkan perkebunan pisang,coklat dan buah kelapa dan masih banyak lagi lainnya.

kopi singkongg pisang tanaman

Kerajinan Tangan

Masyarakat Desa Long Pujungan selain bekerja dibidang pertanian juga bergelut pada bidang kerajinan tangan. Sektor ini juga sangat menjanjukan bagi kesejahteraan masyarakatnya. Salah satu kerajinan tangan yang masih tetap eksis di desa Long Pujungan adalah kerajianan tangan anyaman baik anyaman bambu,anyaman rotan,Saung dan sebagainya.Bagi para pecinta hasil kerajinan tangan dapat datang langsung ke Desa Long Pujungan untuk memesan langsung anyaman yang diinginkan.

saung uwee anjat

Peternakan

Desa Long Pujungan memiliki potensi untuk peternakan diantaranya yang sudah dikembangkan oleh masyarakat setempat adalah ternak ,babi,ayam pedaging dan poetelor, bebek, dan sebagainya. Pengembangan ternak ini masih dikukan secara rumahan dan merupakan pekerjaan sampingan selain menjadi petani.namun demikian pengembangan ternak ini sangat membantu perekonomian masyarakatr desa.

ternak babi

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan