Akses Sulit Harga Kebutuhan Pokok Tinggi

 

 

Long Pujungan (09/12/16), Membangun Infrastruktur Desa akan sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan perekonomian Desa. Terlebih ketika akses menuju Desa ataupun sebaliknya bisa ditempuh dengan cara yang mudah. Barang-barang kebutuhan pokok akan lebih mudah di dapat dengan harga yang terjangkau. Lain halnya dengan apa yang terjadi di Desa Long Pujungan. Desa yang hanya memiliki akses sungai sebagai jalur utama yang bisa ditempuh. Adapun jalur darat, hanya sekedar penghubung antar Desa terdekat saja.

Harga-harga Kebutuhan pokok di Desa Long Pujungan ini cenderung tinggi. Hal ini disebabkan oleh tidak ada lagi akses penghubung Desa menuju pusat perbelanjaan barang pokok. Kebiasaan para pedagang kebutuhan pokok di Desa ini, mengadakan stok kebutuhan pokok dari Tanjung Selor. Jarak tempuh dari Desa Long Pujungan ke Tanjung Selor dengan menggunakan perahu besar (long boat) bisa sampai dua hari satu malam sekali jalan. Menurut salah seorang pemilik toko di Long Pujungan, “Untuk penyediaan bahan pokok dan barang dagang lainnya bisa sampai lima hari ditempuh pulang pergi, makanya di sini harga-harga tinggi”.

Masyarakat Desa Long Pujungan mau tidak mau harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli kebutuhan pokok. Tidak semua warga Desa berangkat ke Tanjung Selor untuk belanja kebutuhan pokok. “Kami harus terbiasa hidup dengan akses perjalanan yang cukup sulit dan harga-harga yang tinggi”, begitu kata salah seorang warga.

img_20161208_092530

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan